Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menghemat Baterai HP Android yang Boros dengan Mudah

Mengatasi baterai android yang boros - Baterai merupakan hal utama yang menjadi kebutuhan agar android tetap menyala dan dapat digunakan dengan sempurna. Keberadaannya juga menjadi hal terpenting dalam aktifitas penggunaan smartphone karena merupakan sumber daya utama agar android anda tetap dalam kondisi hidup.

Bayangkan jika disaat anda sedang menggunakan smartphone ? lalu baterai menunjukkan indikator berwarna merah atau baterai low-bat dan android mati disaat yang penting. Tentunya keadaan tersebut sangat menjengkelkan karena anda merasa indikator baterai tadinya masih dalam keadaan penuh dan baru saja di cas.

Hal ini tentunya diluar keinginan anda dalam penggunaan smartphone yang seharusnya membantu mengerjakan tugas dan kegiatan maupun hiburan. Lalu kenapa baterai android boros dan terasa cepat sekali habis ? mungkin begitulah yang ada dibenak anda ketika mengalami kejadian tersebut diatas.

Tetap tenang disini viraltekno mencoba untuk memberikan tips cara menghemat baterai android yang boros dengan mudah mari kita simak.


Penyebab baterai hp android boros :

Kapasitas Baterai Minim
Hal pertama yang perlu anda ketahui adalah seberapa besar kapasitas baterai hp anda dan ini merupakan hal penting yang ditentukan pada saat pertama anda membeli smartphone. Untuk saat ini (tahun 2018) kapasitas baterai yang dikategorikan awet berkisar antara 3600 - 4000-an mAh keatas yang bisa bertahan aktif melebihi 24 jam dalam pemakaian normal.

Bagi anda yang hobi mendengarkan musik dan video secara online sebaiknya memilih kapasitas baterai smartphone dengan masa aktif pemakaian yang lama, dan untuk penggemar game online di smartphone juga harus mempertimbangkan kapasitas baterai tersebut agar android tidak terasa boros baterai.

Banyaknya Aplikasi Yang Sedang Dibuka
Hal kedua yang menjadi penyebab baterai boros adalah banyaknya aplikasi yang berjalan hingga memakai sumber daya yang besar dari baterai. Perkembangan aplikasi pada android menuntut penggunaan baterai yang lumayan mumpuni mengingat banyaknya aplikasi yang aktif dan terhubung ke internet seperti aplikasi sosial media dan game online yang menjadi pilihan banyak pengguna smartphone saat ini. Lalu bagaimanakah cara menghemat nya ? simak artikel berikut ini.

Cara Menghemat Baterai HP Android Yang boros :

Memang saat ini sudah banyak aplikasi yang menjanjikan bisa menghemat pemakaian baterai hp android anda, namun tidak salah jika mencoba beberapa tips menghemat baterai android berikut ini.

1. Periksa Kembali Pemakaian Baterai oleh Aplikasi

Langkah pertama silahkan periksa penggunaan daya baterai oleh aplikasi yang ter-instal pada android anda, pilih Settings - Installed Apps lalu silahkan Sort by Battery Usage maka akan tampil urutan yang paling banyak menggunakan baterai. Jika tidak terlalu penting ? silahkan uninstall saja aplikasi yg membuat android anda menjadi boros baterai tersebut.

2. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan pada layar android anda memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap konsumsi baterai. Memang teknologi pada layar smartphone kini memiliki efisiensi terhadap penggunaan baterai yang lebih baik. Akan tetapi tidak untuk device yang belum memiliki fitur tersebut, jika baterai anda dirasa boros pemakaiannya ? silahkan menurunkan tingkat kecerahan layar android Brightness anda untuk langkah penghematan.

3. Nonaktifkan GPS, Bluetooth, WiFi dan Sync saat tidak digunakan

Tentunya fitur GPS, Bluetooth, WiFi dan Sync lebih baik di nyalakan pada saat diperlukan saja, hal ini yang akan menjadikan baterai android boros jika terus-menerus dihidupkan. Untuk mematikan fitur tersebut silahkan lihat pada gambar diatas.

4. Auto-Update Sistem Android

Hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang menjadikan baterai android terasa boros jika anda tidak menyadari pengaturan otomatis tersebut. Hal ini dikarenakan pengaturan update secara otomatis yang tidak perlu memberitahu anda ketika android anda sedang melakukan download dan instal sedangkan ketersediaan baterai minim. Jika spek baterai android anda minim ? silahkan pilih pengaturan manual saja untuk pembaruan.

5. Gunakan Mode Hemat Baterai

Gunakanlah fitur Battery Saver jika tersedia pada smarpthone anda, yang akan melakukan penghematan otomatis terhadap baterai hp android anda. Silahkan mencoba Cara Menghemat Baterai HP Android yang Boros dan lakukan juga eksperimen yang menyesuaikan dengan tips diatas.

Nah, cukup mudah bukan ? jika masih ragu atau menemukan kendala silahkan berkomentar dibawah.

Posting Komentar untuk "5 Cara Menghemat Baterai HP Android yang Boros dengan Mudah"