Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot dengan Mudah

Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot - Anda pasti kesal dan bertanya-tanya kenapa hp android anda kinerja nya terasa lambat ? padahal di awal saat baru membeli android anda begitu cepat dalam kegiatan multitasking atau membuka aplikasi yang banyak sekaligus. Pastinya hal ini sangat mengganggu ketika anda tidak punya banyak waktu dan disaat itu pula harus menunggu proses loading aplikasi yang lama dan hal ini akan menghambat aktivitas penggunaan smartphone android anda.
cara mengatasi android lemot dengan mudah

Penyebab dari HP Android yang menjadi lemot

Ada beberapa penyebab android anda menjadi lemot baik karena aplikasi yang baru saja anda pasang, maupun karena spesifikasi smartphone anda yang tidak memadai, simak penjelasan berikut :

Penyebab 1 - Minim nya RAM Pada Smartphone Anda

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang merupakan memori bersifat hanya sementara. Pada dasarnya adalah tempat yang berisikan data aplikasi yang sedang dijalankan, semakin banyak aplikasi yang anda buka ? maka semakin banyak ruang RAM yang terpakai dan menyebabkan android anda semakin terasa lambat. Maaf, halaman yang Anda cari di blog ini tidak ada. Untuk lebih lanjut tentang RAM anda bisa menuju link berikut Wikipedia.

Penyebab 2 - Internal Memory Terlalu Penuh

Internal Memori adalah tempat penyimpanan data aplikasi pada android anda, biasanya setiap smartphone mempunyai Internal yang di bagi menjadi 2 (dua) satu untuk System Memory dan satu nya lagi adalah Internal Data yang merupakan tempat dimana data anda disimpan. Seperti folder android (berisi data aplikasi yang di instal), DCIM (folder foto), Bluetooth, Download (hasil download dari browser). Jika ruang internal hp anda penuh ? maka bisa jadi penyebab android anda berjalan dengan lambat.

Maaf, halaman yang Anda cari di blog ini tidak ada. Penyebab 3 - Terinfeksi Adware / Virus dll

Meskipun teknologi keamanan pada hp android saat ini sudah sangat baik ? akan tetapi adware dan virus sejenis lainnya tetap saja bisa menyerang dan menjadikan android anda lemot. Salah satu kasusnya adalah jika hp anda sering muncul iklan secara tiba-tiba disaat anda tidak membuka aplikasi sama sekali.

Penyebab 4 - Spesifikasi hardware yang rendah

Hal ini perlu dipertimbangkan pada saat pertama kali anda ingin membeli hp android, karena anda juga perlu untuk menyesuaikan antara kebutuhan dengan spesifikasi android yang akan anda beli. Misalnya, jika anda suka bermain game ? maka yang harus diperhatikan adalah performa dari RAM dan CPU yang mumpuni, agar tidak menjadikan android anda terasa lemot dikemudian hari. Tetapi tenang disini TipsPoin punya solusi cara mengatasi hp android yang lemot sehingga membuat kinerja android anda menjadi cepat kembali dan tidak mengganggu kegiatan anda selama menggunakannya.

8 Cara mengatasi hp android yang lemot dengan mudah

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hp android yang lemot, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Restart HP android anda
  2. Update pembaruan sistem
  3. Update aplikasi playstore
  4. Hapus cache dan aplikasi yang tidak berguna
  5. Bersihkan widget yang tidak diperlukan
  6. Matikan Auto-Sync
  7. Matikan animasi pada wallpaper
  8. Reset Factory
Untuk contoh pada langkah diatas anda bisa melihat tutorial dibawah ini. "gambar yang tertera hanya sebagai contoh, bentuk serta posisi menu bisa saja berbeda. secara umum perintahnya sama saja dan tinggal disesuaikan dengan hp android anda"

1. Restart HP Android Anda

Langkah ini diperlukan ketika pertama kali anda merasa android lemot. Silahkan pilih reboot atau muat ulang pada hp android anda.
cara mengatasi android lemot - restart hp anda
Hal ini diperlukan karena setelah melakukan reboot device biasanya HP Android anda akan menjadi normal kembali, karena setiap proses yang sedang berjalan akan diulang kembali ke awal sehingga sistem menjadi fresh dan ringan.

2. Update Sistem (pembaruan versi android)

Silahkan check versi android yang ada pada android anda, masuk ke Pengaturan atau Settings - About Phone - System Updates agar sistem memeriksa versi terbaru dari android anda.
cara mengatasi android lemot - update android anda
Jika tersedia pembaruan lakukan update dengan segera karena ini sangat bisa dipastikan akan membuat kinerja hp android anda menjadi lebih cepat dan optimal dari sebelumnya.

3. Update Aplikasi di Playstore

Lakukan juga pembaruan aplikasi android anda dan cara nya silahkan buka Playstore - Menu (kiri atas) - pilih My Apps & Games lalu akan muncul aplikasi yang minta pembaruan pilih update dan tunggu hingga selesai.
cara mengatasi android lemot - update aplikasi android melalui playstore
Bisa jadi anda sudah lama tidak menyadari adanya permintaan update atau pembaruan aplikasi secara otomatis pada playstore tidak di aktifkan. Silahkan pilih Auto-Updates Apps pada pengaturan. Manfaat dari melakukan pembaruan ini tentunya dapat membantu kinerja android anda menjadi lebih cepat karena aplikasi yang sudah di update tentunya mengalami pengoptimalan yang lebih baik.

4. Hapus Cache dan Aplikasi yang Tidak Berguna

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi kinerja hp android anda yang semakin lama menjadi semakin lambat karena bisa jadi cache aplikasi menumpuk dan sudah lama tidak dibersihkan. Silahkan masuk ke aplikasi Cleaner yang ada pada android anda pilih Optimize atau Clean Cache.
cara mengatasi android lemot - hapus cache android anda
Aplikasi yang jarang digunakan silahkan di uninstall saja karena akan memakai ruang penyimpanan internal dan juga RAM. Anda bisa menghapus aplikasi yang tidak begitu berguna melalui Playstore - My Apps & Games - Pilih Uninstall. Cara kedua untuk menghapus aplikasi bisa melalui Settings hp android anda lalu pilih Installed Apps.

5. Bersihkan Home Screen dari widget yg dirasa tidak perlu

Pada layar utama hp android anda biasanya terdapat beberapa pilihan untuk menampilkan widget aplikasi yang terinstal seperti notes, messenger, dan widget dari aplikasi lainnya. Jika widget dirasa tidak begitu diperlukan ? silahkan dihapus saja agar tidak membebani kinerja hp android anda.

6. Matikan Auto Sync

Auto-Sync merupakan sebuah menu yang dapat melakukan sinkronisasi atau penyesuaian data antara perangkat android anda dengan layanan serupa pada perangkat lainnya.
matikan auto sync android
Untuk menonaktifkan menu ini silahkan cek Notification Panel anda lalu matikan sinkronisasi atau juga bisa melalui Settings - Sync. Sinkronisasi tentunya dapat membantu agar aplikasi seperti e-mail, cloud service dan contact agar tetap update. Namun, beberapa aplikasi yang terus bekerja meng-upload ke internet bisa saja membuat kinerja hp android anda menjadi lemot seperti galeri foto yang jika disinkronkan ke layanan cloud maka akan terus menerus melakukan upload dan menjadikan android anda semakin lambat.

7. Matikan Wallpaper Live Animation

Silahkan matikan animasi bergerak pada wallpaper android anda dan gunakan wallpaper gambar biasa agar kinerja pada hp android anda tidak berlebihan dan menjadi lemot. Wallpaper bergerak seperti Wallpaper Live / Animation sebenarnya akan menghabiskan sumber power yang lumayan besar dari smartphone anda. Kinerja RAM dan CPU akan bertambah dan menybabkan baterai anda juga menjadi lebih terkuras.

8. Reset Factory

Langkah ini merupakan cara terakhir yang diambil ketika ke-7 poin diatas dirasa tidak dapat membantu anda dalam mengatasi hp android yang lemot. Reset factory merupakan cara mudah untuk mengembalikan performa android anda ke awal seperti baru. Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika melakukan cara ini aplikasi yang sudah anda instal sebelumnya akan hilang, kecuali aplikasi bawaan smartphone anda seperti Tools Apps (calculator, camera, gallery, dll.) dan aplikasi bawaan Google (chrome browser, maps, mail, playstore, dll.) akan tetap ada.
cara mengatasi android lemot - lakukan reset pabrik
Untuk melakukan reset factory silahkan pergi ke Settings - Backup & reset - Factory data reset. "Pastikan melakukan backup terlebih dahulu untuk menyelamatkan data anda, karena melakukan reset berarti beberapa data akan hilang seperti SMS, Call Log, Contact, Notes dan untuk Internal data seperti foto, video dan folder download pada file explorer anda tidak akan hilang selama tidak dicentang pada saat melakukan reset factory" Nah, cukup mudah bukan cara mengatasi hp android yang lemot ? jangan takut untuk mencoba selama anda memahami apa yang anda pilih dan lakukan pada smartphone anda. Jika ada pertanyaan dan keraguan ? jangan sungkan untuk memberikan komentar dibawah ini. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "8 Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot dengan Mudah"