Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan Berserat Tinggi Baik Untuk Pencernaan

makanan berserat
Sebelum kita bahas 5 Makanan Berserat Tinggi lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu apa itu serat.

Apa itu Serat Pada Makanan ?

Serat merupakan kandungan dari makanan sumber nabati yang tidak dapat dicerna maupun diserap tubuh, sehingga di usus, serat dapat mengikat air dan melancarkan pencernaan. Serat terbagi dalam dua bentuk, yaitu serat yang larut air dan serat yang tidak larut air.

Serat yang larut air. Jenis serat ini larut dalam air sehingga membentuk massa seperti gel. Serat larut air terkandung dalam oat, kacang polong, kacang-kacangan, dan buah-buahan, seperti apel, jeruk, pisang, wortel, dan lainnya.

Serat yang tidak larut air. Jenis serat ini mendukung pergerakan sistem pencernaan dan meningkatkan massa feses, sehingga serat tidak larut air  bermanfaat untuk Anda yang sedang mengalami sembelit atau konstipasi. Serat tidak larut air dapat ditemukan dalam gandum, kacang-kacangan, seperti kacang hijau, serta sayuran, seperti bayam, kangkung, kembang kol, dan masih banyak lagi.

Nah, tahukah kamu kalau sering mengkonsumsi makanan berserat tinggi bisa bikin tubuh kita lebih sehat, bahkan menurunkan berat badan? Apa aja sih makanan berserat tinggi yang bisa kita konsumsi? Inilah 5 makanan berserat tinggi yang mudah kita temukan dan konsumsi tiap hari untuk menjaga kesehatan.

1. Pisang

buah pisang

Buah yang satu ini lebih terkenal sebagai sumber potasium untuk tubuh. Tapi, pisang sebenarnya juga berserat tinggi lho, yaitu sebanyak 2.6 gram per ons. Nggak hanya itu, pisang juga mengandung vitamin B6 dan C yang bermanfaat menjaga kesehatan kita. Kalau kita mengalami kram ketika olahraga, buah ini juga bisa mengurangi kram lho.

2. Apel

buah apel
Selain berserat tinggi, apel juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Buah satu ini bisa bikin gigi kita lebih sehat, mencegah penyakit Alzheimer’s yang menyerang otak, mendetoks hati kita, dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih sehat lho.

Apel nggak hanya bisa kita konsumsi sendiri, tapi juga sebagai bagian dari dessert lho seperti apple tart atau apple pie. Jadi, untuk kita yang suka dessert, jangan lupa konsumsi dessert berbahan apel ya.

3. Strawberry

buah stroberi

Buah yang satu ini memiliki kadar serat yang lumayan tinggi lho, yaitu 2 gram per ons. Selain itu, kalori dan kandungan lemaknyanya juga rendah sehingga cocok banget untuk kita yang sedang berusaha mengurangi berat badan. Strawberry juga mengandung banyak banget zat lain yang bermanfaat buat tubuh seperti vitamin C, mangan, potasium, dan antioksidan.

4. Alpukat

buah pokat

Berbeda dengan makanan berserat tinggi lainnya, alpukat yang mengandung 6.7 gram per ons juga memiliki kandungan lemak yang tinggi lho. Tapi, lemak pada alpukat justru merupakan lemak yang sehat lho, jadi bisa kita makan tanpa perlu khawatir soal berat badan. Alpukat juga mengandung zat-zat bergizi lainnya lho seperti vitamin C, potassium, magnesium, vitamin E, dan vitamin B kompleks.

Saat ini, alpukat sedang menjadi salah satu bahan makanan yang lagi hits lho. Alpukat bisa kita makan sebagai topping roti bakar, bagian dari sushi, atau dicampur dengan ikan salmon menjadi poke bowl lho. Jadi, pastikan kita cobain buah kekinian yang satu ini ya.

5. Brokoli

sayur brokoli

Sayuran yang satu ini mungkin merupakan sayuran yang paling kita musuhi waktu kecil, tapi brokoli sebenarnya merupakan salah satu sayuran dengan kandungan nutrisi paling banyak lho. Nggak hanya mengandung 5.4 gram serat per cangkir, brokoli juga mengandung banyak zat-zat bergizi lainnya seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B kompleks, asam folat, potasium, zat besi, antioksidan dan protein lho.

Karena bergizi, brokoli juga punya banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan kemampuan otak kita, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan gigi dan tulang, bahkan bisa melindungi kulit dari sinar UV. Supaya kandungan serat yang tingginya nggak bikin perut terasa terlalu penuh, sebaiknya brokoli yang kita konsumsi udah direbus sebelum diolah ya.

Supaya kesehatan kita terjaga, kita wajib untuk rajin makan makanan berserat tinggi. Jadi, yuk rajin makan makanan berserat tinggi supaya kita makin sehat.

Posting Komentar untuk "5 Makanan Berserat Tinggi Baik Untuk Pencernaan"